-->

Peta Dukungan vs Kecaman Dunia terhadap Serangan AS ke Suriah

Jakarta - Serangan rudal Amerika Serikat ke pangkalan udara Al Shayrat Suriah membuat dunia 'terbelah'. Banyak negara yang mendukung, tak sedikit pula yang mengecam.



Peta Dukungan vs Kecaman Dunia terhadap Serangan AS ke Suriah
Peta Dukungan vs Kecaman Dunia terhadap Serangan AS ke Suriah


Serangan rudal AS itu dilakukan pada Jumat (7/4/2017) subuh waktu setempat. Rudal-rudal Tomahawk dilepas dari dua kapal perang AS: USS Ross dan USS Porter yang berada di laut Mediterania sisi timur.

Peluncuran rudal itu diinisiasi langsung oleh Presiden AS Donald Trump sebagai bentuk respons atas serangan gas kimia Sarin yang diduga dilakukan agen pemerintah Suriah. Serangan gas Sarin di kawasan Khan Shaykhun itu menewaskan 86 warga Suriah secara mengenaskan.

Sedangkan serangan ke pangkalan Shayrat dilaporkan menewaskan empat orang. Sebagian besar merupakan pihak militer Suriah.

Tak lama setelah serangan diluncurkan, sejumlah negara menyatakan sikapnya terhadap aksi itu. Ada yang mengutuk, netral dan ada punya yang mendukung.

Mereka yang mengecam atau prihatin terhadap serangan ini mayoritas melihat fakta bahwa serangan AS ini tidak melalui persetujuan Dewan Keamanan PBB dan kekhawatiran mengenai eskalasi konflik di Suriah yang bisa meluas. Mereka berpendapat cara-cara diplomasi masih bisa dilakukan. Bahkan di dalam negeri, serangan ini dilakukan tidak melalui persetujuan kongres. 


Begitu juga dengan Indonesia yang menyayangkan serangan ini. Jubir Kemlu Arrmanatha Nasir menyatakan perdamaian dan stabilitas di Suriah hanya bisa dilakukan dengan dialog dan proses politik yang terbuka dengan tidak menafikan kepentingan satu pihak pun.

Sedangkan mereka yang mendukung menganggap aksi serangan ini sebagai cara nyata untuk mengakhiri situasi tak menentu di Suriah. Apalagi situasi di negeri itu diperburuk dengan serangan gas sarin yang mengundang kecaman dari masyarakat internasional.

Berikut daftar sikap negara-negara tersebut, dilansir dari CNN dan sejumlah sumber lain:

1. Mendukung/bisa memahami:

Inggris
Albania
Australia
Bahrain
Kanada
Denmark
Estonia
Prancis
Georgia
Jerman
Israel
Italia
Jepang
Yordania
Kosovo
Kuwait
Spanyol
Latvia
Lithuania
New Zealand
Norwegia
Polandia
Qatar
Romania
Arab Saudi
Turki
Ukraina
Polandia
Uni Emirat Arab
Belanda
Luksemburg
NATO


2. Netral/Tak bersikap jelas:

Yunani
Swedia


3. Kontra/prihatin/menyayangkan:

Suriah
Rusia
Iran
China
Korea Utara
Belarus
Brasil
Bolivia
Venezuela
Indonesia 
(fjp/imk) [detik]
iklan

Peta Dukungan vs Kecaman Dunia terhadap Serangan AS ke Suriah